Rabu, 22 Januari 2020

Konsep Pemodelan Grafis untuk Games


Konsep Pemodelan Grafis untuk Games


    1. Contoh Kasus Pada Aplikasi Web

Berikut adalah beberapa kasus kebutuhan pengguna Desain Pemodelan pada aplikasi berbasis web : 

A. Pengguna ingin pengalaman konsumen (consumer experience) mereka dipersonalisasi, yang akan membawa tantangan baru bagi pemasar atau perusahaan modern yang menggeluti dibidang desain pemodelan, untuk mengenal setiap pengguna secara pribadi.

B. Mengingat peluang itu semakin banyak perusahaan ingin membuat aplikasi berbasis web yang dapat menghubungkan value, produk atau jasa mereka langsung ke lapangan.

2. Menggambar Karakter (Kostum, Mimik & Gerak)

Melakukan pendesainan atau menggambar Karakter pada Pemodelan Grafis untuk games ini sangat di perlukan, karena tanpa menggambar karakter pada games kita tidak bisa menjalankannya. begitu juga pada bagian pada penggambaran karakter yaitu ada :

contoh menggambar karakter:


                    Kostum : Dapat mendukung karakter jadi lebih menarik, karena dari segi pakaian tampilan karakter yang di buat jadi lebih menarik.
                    Mimik : Juga diperlukan untuk penggambaran karakter di games, penambahan mimik wajah, akan mengekspresikan tokoh karakternya.
                    Gerak : Sangat di butuhkan dalam penggambaran karakter, karena karakter bisa bergerak berjalan, melakukan aksi


Pada pembahasan sebelumnya kita tahu karakter merupakan komponen penting dalam sebuah game, pembuatan desain grafis dalam karakter pun tidak sembarang bisa dilakukan. Entah karakter yang kita buat itu 2D atau 3D, banyak software yang menyediakan pembuatan karakter bergerak, contohnya adalah 3D Studio Max 2010.
3D Studio Max 2010 merupakan perpaduan antara grafis vector dengan gambar raster sehingga objek yang dihasilkan dapat mendekati realita. Program ini dirancang untuk dapat menghasilkan karya yang mendekati nyata dengan menggunakan beberapa efek seperti pencahayaan, cermin, air hujan dll. Karakter yang dibuat dengan aplikasi ini bisa ditambahkan dengan kostum, mimik dan gerak yang sesuai keinginan developer game.
Menggambar sebuah karakter dengan kostum, mimik apalagi gerak yang sesuai itu tidaklah mudah, perlu adanya latihan terus-menerus dan keinginan untuk bisa membuat animasi bergerak sesuai keinginan. Video ini merupakan tips/tutorial bagi kalian yang mungkin masih awam dalam menggambar karakter dengan aplikasi, video ini diambil dari salah satu youtuber Indonesia yaitu Tara Arts Network.

3. Menggambar Anatomi Karakter

Dalam menggambar sebuah karakter animasi, karakter yang kita buat tidak selamanya diam. Karakter dalam game setiap detiknya atau saat kita menggerakannya pasti pose/kondisi dari karakter tersebut juga bergerak dan berbeda-beda. Misalnya dalam kondisi perang, anatomi karakter tersebut terbagi dalam bagian-bagian, misalnya kepala dan mimik wajah menghadap musuh, tangan memegang pedang dan kaki terbuka seakan siap bertarung. Dalam memvisualisasikan anatomi setiap bagian tubuh dari karakter itu bisa dibuat dalam berbagai aplikasi, baik dalam model 2D maupun 3D.

Contoh menggambar Anantomi Karakter

 

Tentunya dalam memvisualisasikan karakter animasi dengan anatomi dan kondisi yang sesuai, kita harus bisa dalam menggambarnya. Video dibawah ini merupakan lanjutan dari video selanjutnya yaitu tips/tutorial bagi kalian untuk menggambar pose anatomi.

4. Menggabungkan Karakter dan Environment beserta Animasi

Sama dengan pembahasan sebelumnya, kita sepakat bahwa dalam game terdapat 2 komponen penting yaitu karakter dan environment. Pemilihan karakter dan environment yang sesuai membuat game terlihat nyata dan masuk akal. Dalam menggabungkan 2 komponen tersebut dengan bantuan software seperti yang dijelaskan diatas, membuat sebuah game menjadi berkualitas.

Setelah kita membuat karakter animasi bergerak dengan pose anatomi yang sesuai dan dilengkapi dengan environment yang sesuai pula, kita bisa namakan itu sebuah game. Misalnya terdapat karakter tentara yang sedang memegang pistol, tentunya environment/lingkungan game yang tepat adalah berada di medan perang, dengan item asap tebal, api terbakar dan efek sepeti peluru yang ditembakkan, suara ledakan itu yang membuat game sama dengan kehidupan nyata.



Contoh gambar penggabungan karakter,environtment & animasi

DAFTAR PUSTAKA

4.     Wahana Komputer, 3D Studio Max 2010 Untuk Pemodelan 3 Dimensi Profesional, C.V Andi    Offset, Yogyakarta, 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Materi Komputasi Modern

  Komputasi Modern Komputasi modern adalah cara untuk menemukan pemecahan masalah/solusi dari data input dengan menggunakan suatu algoritm...