Minggu, 30 September 2018

TEKNOLOGI & INTERNET


PENGERTIAN & SEJARAH TEKNOLOGI

Pengertian Teknologi adalah berbagai keperluan serta sarana berbentuk aneka macam peralatan atau sistem yang berfungsi untuk memberikan kenyamanan serta kemudahan bagi manusia.  
Teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’. Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda- benda berwujud seperti peralatan- peralatan atau mesin. Seiring berjalannya waktu makna teknologi mengalami perluasan. ia tidak terbatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud. semisal perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian dan lain sebagainya. Manusia pada awalnya tidak mengenal konsep teknologi. Pada awalnya teknologi berkembang secara lambat. Namun seiring dengan kemajuan tingkat kebudayaan dan peradaban manusia perkembangan teknologi berkem bang dengan cepat. Semakin maju kebudayaannya, semakin berkembang teknologinya karena teknologi merupakan perkembangan dari kebudayaan yang maju dengan pesat. Secara harfiah teknologi berasal dari bahasa Yunani, yaitu “tecnologia” yang ber- arti pembahasan sistematik mengenai seluruh seni dan kerajinan. Istilah tersebut memiliki akar kata “techne” dalam bahasa Yunani kuno berarti seni (art), atau kerajinan (craft). Dari makna harfiah tersebut, teknologi dalam bahasa Yunani kuno dapat didefinisikan sebagai seni memproduksi alat-alat produksi dan menggunakannya. Definisi tersebut ke- mudian berkembang menjadi penggunaan ilmu pengetahuan sesuai dengan kebutuhan manusia. Teknologi dapat pula dimaknai se- bagai ”pengetahuan mengenai bagaimana membuat sesuatu (know-how of making things) atau “bagaimana melakukan sesuatu” (know-how of doing things), dalam arti kemampuan untuk mengerjakan sesuatu dengan nilai yang tinggi, baik nilai manfaat maupun nilai jualnya.
Beberapa contoh teknologi diberbagai bidang :

BIDANG REKREASI

Komputer digunakan sebagai satu sumber alat rekreasi untuk orang ramai dimana permainan komputer, video games dan sebagainya mengandung banyak cip-cip elektronik di dalamnya. Komputer juga digunakan untuk mengendalikan berbagai jenis alat rekreasi yang canggih seperti roller coaster.
BIDANG TRANSPORTASI

Komputer digunakan untuk mengatur lampu lalu lintas. Di Negara maju kereta dipasang alat navigasi modern untuk menggantikan masinis melalui penggunaan satelit dan sistem komputer. Jalan raya juga dipasang dengan berbagai jenis sensor yang akan memberikan pesan kepada komputer pusat untuk memudahkan pengendalian jalan raya tertentu.
BIDANG PENDIDIKAN

Penggunaan komputer sebagai alat pembelajaran dikenal sebagai CBE (Computer Based Education). CAI (Computer Assisted Instruction) digunakan para pendidik untuk menyampaikan arahan dalam pelajaran. Selain itu komputer juga dapat digunakan untuk meyimpan data-data pendidik dan para murid, materi belajar, dan soal-soal ujian maupun latihan

SEJARAH & PENGERTIAN INTERNET

Internet berasal dari dua kata, Interconnected dan Network. Interconnected berarti memiliki keterhubungan yang luas (dalam hal ini komputer) dan Network yang berarti jaringan dari sistem komputer itu sendiri, yang dihubungkan dengan jalur transmisi alat komunikasi membentuk suatu sistem. Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer besar, luas dan besar mendunia, yang mendunia yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, di mana didalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. 

Sejarah Internet

Internet pada awalnya dikembangkan AS pada pertengahan abad 19, dan semula dipergunakan sebatas untuk keperluan militer. Pada dewasa ini di negara maju, internet hampir menjadi kebutuhan primer. Layanan yang ditawarkan internet pun semakin lengkap, komunikatif dan memanjakan konsumen dalam arti akses internet. Teknologi ADSL (asymmetric Digital Subscriber Line) yang populer beberapa tahun 
belakangan ini membuat internet menjadi kebutuhan yang dapat dinikmati akses internet 24 jam. 
Pada masa awal, pemakaian internet hanya tebatas untuk berkirim electronic mail, WWW (Word Wide Web) mulai popular digunakan sekitar awal abad 90-an, dengan memakai berbagai Web browser seperti Nescape, internet explorer, dsb. Seiring dengan perkembangan hardware maupun software yang pesat dan cepat, maka materi yang disampaikankan lewat web internet mengalami perkembangan sangat pesat. Materi yang dibuat tidak terbatas berupa teks, melainkan gambar, suara, vidio, streming, hingga yang bersifat interaktif, seperti chatting, vidio converence, dan lain sbagainya. 
Hal ini dimungkinkan karena kemajuan teknoligi dibidang hardware dan software, sebagaimana yang diramalkan oleh Gordon Moore (Moor’s Law), bahwa kemampuan kerja komputer akan berlipat dua kali dalam 18 bulan. Dapat dikatakan bahwa informasi yang sampai kepada kita mengalami beberapa pengubahan format. Informasi dan ilmu pengetahuan yang selalu biasa didokumentasikan dan dikomunikasikan secara manual, sekarang ditransfer dalam bentuk digital. Sehingga tulisan ilmiah populer, artkel, skripsi, tesis, disertasi telah umum disimpan dalam format elektronik (misalnya format word, PDF, dsb), pada disket, CD ROM ataupun DVD. Karena tipis, ringan, sangat mudah bagi kita untuk membawa informasi itu kemana-mana disamping itu sangat mudah di copy atau digandakan. 
Selanjutnya kemajuan yang dicapai oleh teknologi internet tersebut membuat informasi dapat ditampilkan di web internet atau dikirim lewat e-mail, sehingga dapat diakses dari berbagai penjuru dunia. Syaratnya hanya satu yaitu online internet. Keywords pada bagian akhir proses ini adalah ”online” yaitu suatu informasi di dunia cyber, yang pada akhirnya turut memberikan akselerasi terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern.


Contoh perkembangan internet di berbagai bidang:

BIDANG BISNIS

Bisnis : mempermudah kegiatan transaksi dan negosiasi antar penjual dan pembeli sehingga tidak harus bertemu secara langsung, dan waktu serta biaya yag di butuhkan untuk transportasi dapat dihemat.

BIDANG INFORMASI

Informasi : membantu kita mengetahui informasi atau berita-berita terbaru yang terjadi di berbagai belahan bumi.

BIDANG HIBURAN

Hiburan : dapat menjadi sarana hiburan, yakni melalui game online maupun link untuk menonton film, mendengarkan lagu, mencari gambar, dsb.


KETERHUBUNGAN TEKNOLOGI&INTERNET

1.      Melalui Koneksi Dial-Up
2.      Menggunakan Teknologi ASDL (Asymetrical Digital Subscriber)
3.      Menggunakan Jaringan LAN
4.      Melalui GPRS (General Packet Radio Service)
5.       Melalui Jaringan WiFi (Wireless Fidelity)
6.      Mengunakan Jaringan TV Kabel
7.      Menggunakan 3G


DAMPAK POSITIVE&NEGATIVE
Positif:
1. Dapat berkomunikasi dgn baik dan luas
2. Bertransaksi dan berbisnis lebih mudah prosesnya dari mana saja (Internet banking/ Mobile banking)
3. Memperoleh informasi yg luas,cepat dan mudah 
4. Sharing file/dokumen
5. Sarana pendidikan & bisnis
6. Sarana hiburan

Negatif:
1. Kecanduan thdp media sosial yg mengakibatkan kurang bersosialisasi scr fisik/langsung
2. Penipuan
3. Pornografi / konten negative lainnya
4. Cyber Bullying. 
5. Mempengaruhi pola berpikir
6. Hilangnya budaya masyarakat

REFERENSI
6.      Sutedjo, Budi. 2007. e-Educational Konsep, teknologi dan aplikasi internet Pendidikan. Jakarta : Andi Offset
7.      Alisyahbana, Iskandar. 2000. Teknologi dan Perkembangan. Jakarta : Yayasan Idayu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rangkuman Materi Komputasi Modern

  Komputasi Modern Komputasi modern adalah cara untuk menemukan pemecahan masalah/solusi dari data input dengan menggunakan suatu algoritm...